Tuesday, November 16, 2010

Apa itu Task Manager dan windows explorer

 Task Manager
Pengertian
Task manager adalah sebuah aplikasi yang disertakan oleh microsoft yang menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer dan aplikasi yang berjalan, proses & penggunaan CPU, informasi memory,aktifitas jaringan dan statistik, log-in user, dan system services.
Kegunaan
Task manager dapat digunakan untuk menetapkan prioritas proses yang berjalan, secara paksa menghentikan proses, dan mematikan, restart, hibernate atau log off dari windows.
Cara Mengakses 
Task Manager dapat kita munculkan dengan menekan kombinasi ctrl+alt+del atau klik kanan pada taskbar kemudian pilih task manager.

 Windows Explorer

Pengertian
Windows Explorer adalah aplikasi perangkat lunak yang tidak terlepas dari sebagian versi sistem operasi windows yang menyediakan grafis antar muka kepada user untuk mengakses sistem berkas, melakukan pencarian dengan query yang kompleks, mapping drive, melihat dan memanipulasi data “properties”, dan lain lain
Kegunaan
Dengan Windows Explorer, pengguna dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Membuat, memindahkan, menyalin, membuka, menyunting, atau menghapus berkas dan folder di dalam komputer.
  • Mencari berkas-berkas dengan menggunakan query yang kompleks
  • Memetakan sebuah direktori yang terdapat di dalam sebuah host di jaringan ke sebuah drive lokal dan memutuskan pemetaan tersebut.
  • Melihat dan memanipulasi "properties" atau metadata untuk beberapa berkas dan beberapa objek sistem berkas lainnya.
  • Mampu menjadikan sebuah direktori dan alat pencetak dapat digunakan secara bersama-sama melalui jaringan.
  • Dalam sistem operasi Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, serta Windows Server 2003, Windows Explorer juga mengizinkan pengguna untuk mengatur izin akses sistem berkas (khusus NTFS), pengauditan, dan kepemilikkan berkas.
Cara Mengakses Windows Explorer
Aplikasi ini dapat diakses dengan membuka My Computer (My Documents, atau Network Neighborhood/My Network Places), diakses dengan menggunakan Start Menu, atau penekanan tombol Windows + E.

6 comments: