Tuesday, November 9, 2010

Menginstall Linux Ubuntu 10.04 LTS

Kali ini gw mau coba posting selain tugas ISD yang tiap minggu ada aja tugasnya. bosen kan baca blog gw yang isinya Tugas Kuliah terus...hehehehe nah kali ini gw coba buat suatu tutorial bagaimana cara menginstal OS paporit gw yang satu ini. ya! benar sekali "Ubuntu" jeng...jeng.... hehehe

nah sebelum ke proses instalasi gw pengen ajak kalian tau tentang apa sih linux, dan apa sih ubuntu itu? yeepp kita mulai saja..."hey tolong angkat tirainya!!!" jeng.....jeng....(backsound)
Sejarah Linux

Linux, pada tanggal 5 oktober 1991 "hayooo siapa yang lahir pas tanggal itu??? hehehe" seorang yang bernama Linus Torvalds yang seorang mahasiswa Universitas helsinki Finlandia mengumumkan pada sebuah newsgroup bahwa dia telah menciptakan sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana dan diberi nama LINUX. yang dekembangkan dari sistem operasi mirip UNIX "si linus itu apa gak banyak tugas ya? masih sempet dia bikin riset kaya gitu -_____-" hehehe"

Saat ini linux telah menjadi sistem operasi yang komplit. linux telah menjadi"nafas segar" di dunia persilatan... eh dunia per OS -an maksud gw. :) banyak perusahaan atau perorangan yang mengambil kernel linux lalu membundelnya dengan software gratis maupun komersil.
Sejarah Ubuntu
"Dith, dari tadi sejarah mulu...kapan kita installnya?? kita udah siap nih!!". sabar! setelah ini kita mulai install.

Ubuntu berasal dari bahasa afrika yang berarti "kemanusiaan untuk sesama" atau "rasa kemanusiaan" yang dirilis pada tahun 2004 atas dasar itulah Linux Ubuntu diluncurkan "pesawat kali diluncurkan...." Ubuntu ini merupakan turunan dari linux Debian. Adapun versi ubuntu mulai tahun 2004 adalah sebagai berikut:


Digit pada version merupakan tahun dan bulan versi ubuntu dikeluarkan.


Instalasi Ubuntu 10.04

Oke deh, udah pada gak sabar ya?  oke deh kita mulai prosesnya. pada sistem operasi ubuntu agar dapat berjalan dengan optimal maka spesifikasi komputer minimal 
  • 1 GHz x86 Processor
  • 384 MB RAM
  • 8 GB space harddisk
  • Graphic Card dengan resolusi 1024 x 768
  • dan koneksi internet
     Persiapan alat tempur...
    • Cemilan sebanyak-banyaknya jangan lupa minumnya recommended kripik kentang & jus Lemon
    • Sofa yang empuk
    • CD Instalasi Ubuntu
    • Buka artikel blog gw
    nah kalo persiapan udah selesai kita mulai , ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
    Pastikan setting boot pada bios kamu pada CD-ROM/DVD-ROM, sebagai first boot device setelah itu masukkan CD istalasi ubuntu. 
    Tunggu proses loading..
     
    Lihat gambar di bawah pilih bahasa instalasi dan apabila ingin mencoba System live CD yang tidak berpengaruh pada harddisk PC anda klik tombol “ Try Ubuntu 10.04 LTS”. Di sini kita akan mempraktekkan instalasi Ubuntu System live CD. kemudian kilk tombol “ Try Ubuntu 10.04 LTS ”
    Kemudian pilih zona waktu ( Asia, Indonesia, Jakarta ). Klik “Forward” jika sudah selesai men-setting zona waktu setempat.
    Pilih keyboard layout yang digunaka ( default english ). Kemudian klik tombol “Forward”
    1. Sekarang adalah tahap mempartisi harddisk. Anda memiliki empat pilihan:Jika komputer Anda sudah ada os lain (misalnya Windows 7, Vista, atau pun XP) dan Anda menginginkan sistem dual boot, pilih opsi pertama: “Install them side by side, choosing between them at each startup”.Catatan: Opsi ini hanya akan muncul apabila Anda memiliki operating system lain di komputer Anda, seperti Microsoft Windows. Perlu diingat, bahwa setelah instalasi Windows boot loader akan ditimpa oleh Ubuntu boot loader!
       
    2. Jika Anda ingin menghapus operating system yang ada, atau hard drive sudah kosong dan Anda ingin installer secara otomatis melakukan partisi hard drive, pilihlah opsi kedua, “Use the entire disk”. Catatan: Opsi ini sangat direkomendasikan kepada pengguna yang tidak memiliki os lain di komputernya atau yang ingin menghapus os yang ada, contohnya OS Windows. 
    3. Opsi ketiga adalah “Use the largest continuous free space” dan akan menginstall Ubuntu 10.04 pada space yang belum dipartisi pada hard drive yang dipilih.
    4. Opsi keempat adalah “Specify partitions manually” dan pilihan ini sangat direkomendasikan untuk pengguna level advanced, pilihan ini untuk membuat partisi khusus atau melakukan format hard drive dengan sistem file lain. Ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi /home yang sangat berguna untuk melakukan instalasi ulang keseluruhan sistem. 
    5. Beriktu ini cara mempartisi harddisk secara manual dengan / Home :
    • Membuat partisi root “/” ( kira- kira 5 GB minimal), 
    • Membuat partisi “/home” (secukupnya, untuk file- file document anda) dan
    • Membuat partisi “swap area” ( idealnya dua kali ukuaran RAM. Misal : Ram 512
    • MB berarti partisi swap area-nya 2 GB )
    Jika sudah selesai melakukan partisi harddisk. Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan proses instalasi. Apabila sistem menemukan sistem operasi Windows pada sistem akan menawarkan opsi untuk memindahkan settings pada windows ke sistem Ubuntu. Abaikan saja pilihan ini, klik saja tombol “Forrwad” Ketik nama user anda, kemudian masukkan nama yang ingin anda gunakan untuk login, dan isikan password. selanjutnya klik tombol “Forward”.
    Tahap ini adalah langkah akhir instalasi. Pada tahapan ini, Anda dapat memilih untuk menginstall boot loader pada partisi lain atau hard drive, namun ini sangat direkomendasikan bagi yang sudah advanced saja.
    Kemudian klik tombol “Install” untuk melanjutkan proses instalasi. Proses instalasi sedang berjalan. Tunggu 8 sampai 15 menit ( tergantung pada spesifikasi komputer anda ). Setelah proses instalasi selesai kita harus melakukan reboot agar sistem dapat digunakan. klik “restart now “ (jangan lupa untuk mengeluarkan CD installer Ubuntu)
    Pilihan boot loader Linux Ubuntu dan Windows. Jika ingin login di Linux Ubuntu pilih yang “Ubuntu, with Linux 2.6.32-21-Generic” kemudian enter.
    Tampilan Awal masuk Ubuntu 10.04 LTS
    Halaman Login Ubuntu






    Nah, kalo ini deskto gw...hehehe


    Nah, proses intalasi telah selesai, tapi blom sepenuhnya selesai, kamu mesti update ubuntu tersebut supaya paket - paketnya tambah lengkap. sampai ketemu ke tutorial berikutnya....chao!!

    No comments:

    Post a Comment