Friday, October 26, 2012

Belajar Majas Repetisi, Retoris, dan Aliterasi

Nah, biar gak lupa sama pelajaran SMP-SMA yuk kita inget-inget lagi majas-majas. disini bakalan dijelasin tentang majas Retoris, Repetis, dan Aiterasi. Biar lebih gampang ngertinya, nanti bakalan dijelasin dengan contoh yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari


Majas sendiri adalah salah satu bentuk pemanfaatan kekayaan bahasa yang menjadi cara khas menyampaikan pikiran agar mendapatkan efek tertentu.

1. Retoris
Majas ini adalah kalimat yang mempertanyakan yang jawabannya sudah pasti
 
ilustrasi diatas anyep menanyakan sesuatu yang sudah tau jawabannya, ya iyalah burhan pengen cintanya diterima, kalo gak ngapain juga dia nembak. contoh lain adalah : kamu mau gak aku kasih uang 1M?

2. Repertisi.
Majas ini menggunakan atau memanfaatkan perulangan kata-kata yang mempuyai makna yang sama sebagai penegasan.
 
Contoh lain dalam kalimat : "Aku ganteng, Aku Tampan" ganteng sama tampan kan sama.

3. Aliterasi.
Majas ini adalah majas yang menggunakan kata-kata yang huruf awalnya sama.
 
ilustrasi diatas adalah contoh penggunan majas aliterasi yang menggunakan huruf depan "S" semua. Contoh lain dalam kalimat : Gue gak gaul gara-gara gue galau.

nah segitu dulu ya belajar majasnya. sampe ketemu lagi...

No comments:

Post a Comment