Friday, October 26, 2012

Mengenal Super Hero Islam

Yuk, sambil belajar bareng kita bahas sedikit tentang pahlawan-pahlawan islam, jangan lihat super hero yang di film terus... yang ini bener-bener nyata super heronya. yuk kita simak

1. Abu Bakar Ash Shiddiq
Dia adalah khalifah pertama setelah nabi wafat, dia adalah sahabat yang paling dekat dengan Rasulullah, kemanapun Rosul pergi dia selalu menyertainya. termasuk saat perjalanan hijrah dari mekkah ke madinah. dia juga adalah orang yang pertama memeluk agama islam. dia diberi gelar "Ash-Shiddiq" oleh Rosulullah karena membenarkan peristiwa isra mi'raj. Abu bakar meninggal pada 23 Agustus 634 karena sakit yang dideritanya.

2. Umar Bin Khattab
‘Umar bin Khaththab RA adalah khalifah kedua. Ia termasuk sahabat yang sangat dikasihi oleh Nabi. Sebelum masuk Islam, ia dikenal sebagai sosok yang jago gulat dan gemar mabuk-mabukan. Seluruh penduduk Makkah merasa takut kepadanya. ’Umar memeluk Islam setelah mendengar surat Thoha yang dibacakan saudara perempuannya. Ia sangat keras dalam membela agama Allah. Ia menjadi salah satu benteng Islam yang mampu menyurutkan perlawanan kaum Quraisy terhadap diri Nabi dan sahabat.
Saat ’Umar diangkat menjadi khalifah, daerah kekuasaan Islam bertambah. Kerajaan Persia dan Romawi Timur dapat ditaklukan dalam kurun waktu satu tahun (636-637 M). Pemimpin yang sederhana dan peduli para rakyatnya ini, wafat setelah dibunuh Abu Lukluk saat hendak
memimpin shalat ( 23 H/644 M). Ia dimakamkan berdekatan dengan Abu Bakar dan Rasulullah.

3. 3. ‘Utsman bin Affan
‘Utsman bin Affan RA adalah khalifah Islam ketiga. Pada saat kepemimpinannya, ia berhasil mengumpulkan wahyu, dan menyusunnya dalam bentuk mushaf Al- Qur’an. ’Utsman masuk Islam lewat ajakan Abu Bakar As-Siddiq. Ia mendapat gelar Dzun Nur ’Ain (Pemilik Dua Cahaya), karena menikahi dua putri Nabi, Ruqayyah dan Ummu Kultsum. ’Utsman dikenal sebagai saudagar kaya dan dermawan. Ia selalu menafkahkan hartanya di jalan Allah. Saat berkecamuk perang Tabuk, ’Utsman menyumbang lebih dari 940 unta, kemudian membawa 60 kuda untuk menggenapinya menjadi 1000. Usman Wafat pada tahun 35H atau 655M.

Nah.. gimana? hebat kan... siapa tokoh pahlawan islam favorit kamu?

No comments:

Post a Comment