Monday, November 11, 2013

Arti Telematika

Pengertian Telematika
Telematika merupakan adopsi dari bahasa perancis "Telematique" yang kurang lebih jika diartikan adalah bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi

Telematics merupakan gabungan dari dua kata yaitu  "Telecomunication" dan "Informatics" yang merupakan paduan konsep computing dan communication. dan dikenal juga sebagai "The new hybrid technology" karena lahir dari perkembangan digital

Menurut MK. Hukum Telematika FH UI
istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media ,dan informatika yang semula berkembang secara terpisah. konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.

Mengacu kepada penggunaan di kalangan masyarakat telematika indonesia (MASTEL).
Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi dan teknologi telekomunikasi

Ragam Bentuk Telematika
- E-Goverment
- E-Commerce
- E-Learning
- GPS
- dll

Kesimpulan arti telematika :
  1. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
  2. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
  3. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).
Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment