Sunday, September 16, 2012

Ketika Jadwal Memanggil

Seminggu sebelum kuliah, ternyata jadwal udah tiba awal dari kelas baru, mata kuliah baru, semangat baru, harapan baru, ade-adean baru... eh gak deh becanda. kuliah bkalan dimulai 1 minggu lagi, tapi setelah gue liat jadwal kuliah, gue galau....

kenapa? kalian bakalan ngerti kalau kalian kuliah malam, dan siangnya harus kerja. hal yang bikin gue galau disini bukan mata kuliahnya yang susah atau dosennya yang galak. tapi, begitu gue liat jadwal tertnyata tidak ada satu hari libur pun disana. benar-benar setiap hari. nih gue kasih liat kalo gak percaya...


ini baru jadwal kuliah ya... belum termasuk jadwal praktikum, yang sudah dipastikan bakalan dijadwalin hari minggu. 
hal yang paling baik dari jadwal diatas ialah gak adanya matematika, tapi gue yakin banyak matakuliah yang lebih susah dari itu di jadwal gue.

Nah, buat kalian yang bernasib sama kaya gue, atau malah sekelas sama gue, gue ada sedikit tips biar kalian tetep fokus sama kuliah tapi gak keteteran sama kerjaan di kantor atau kegiatan lain :

1. Harus pinter bagi waktu
kamu harus bisa bagi waktu antara kerja, istiraht, kuliah, istirahat, dan main. kenapa gue banyakin waktu istirahat? karena kegiatan kita dalam satu hari juga banyak jadi biar seimbang aja sih. biasanya yang punya selingkuhan udah ekspert banget dengan masalah bagi waktu. kamu belajar sama dia gih...

2. Kurangi Kegiatan Yang Gak Penting
Kegiatan kamu yang padet belum tentu penting semua, lebih baik kurangin kegiatan yang kurang bermanfaat,  misalnya : stalking TL mantan, ngitungin bintang di langit, nguras laut. pokoknya tinggalin!!! supaya kamu juga lebih fokus sama kegiatan penting kamu yang lain.

3. Harus Pinter Bermain Kata-kata
kalo jadwal kamu padet, udah pasti tugas yang ada dibaliknya juga banyak. nah ini pinter-pinter kamu buat main kata-kata itu sangat penting demi kelangsungan hidup kamu di kampus. karena kalo kamu gak pinter ngerayu temen kamu buat ngerjain tugas kamu, trus siapa lagi yang bisa? #digebukintemenkelas

4. Punya Skype, YM, Atau sejenisnya
Ini sangat berguna banget buat mahasiswa kaya kita yang mungkin gak punya waktu buat ngumpul ngerjain tugas bareng. kamu bisa belajar kelompok dimana aja kalo gini. tapi, pastiin juga internetnya jalan ya. dan ini juga salah satu alternative kalo kamu sibuk tapi kamu gak punya waktu buat pacaran... hehhehe #pengalaman

5. Pindah Kampus
kalau cara diatas udah kamu lakuin tapi kamu masih keteteran juga. ya udah sekian dan terima kasih.


No comments:

Post a Comment