Friday, November 11, 2011

Semua Tentang Rokok Part 1


Dewasa ini merokok bukan hanya sebagai kebiasaan, tapi juga sebagai kebutuhan dan bahkan lifestyle, dalam tulisan ini saya akan coba untuk membahas, mulai dari apa itu rokok, awal mulanya manusia meroko, sampai kandungan bahaya yang ada didalamnya.


Apa sih rokok itu ?
Nah, ini untuk adik-adik yang punya pikiran untuk merokok di usia muda, kalo saran gw sih mending batalin aja, seberapa stressnya kalian jangan sampai lari ke rokok, narkoba, minuman keras, dll. yang bersifat negativ.
oke, kita mulai pembahasannya.
Apa sih rokok itu? Rokok adalah silinder dari kertas yang berukuran antara 70 hingga 120 mm. dengan diameter sekitar 10mm dan berisi daun - daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya, dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup pada ujung satunya. 


Sejarah Rokok.
Dulu, manusia pertama yang memulai budaya meroko adalah bangsa indian dari amerika, tapi itu sebagai ritual seperti memuja dewa atau roh. kemudian pada abad ke 16 saat bangsa eropa menemukan benua amerika, sebagian dari penjelajah itu ikut mencoba-coba. kemudian kebiasaan itu mulai muncul dikalangan bangsawan eropa. tapi tidak seperti bangsa indian, bangsa eropa merokok untuk kesenangan semata. kemudian pada abad ke 17 bangsa spanyol masuk ke turki, mulai saat itulah kebiasaan merokok mulai masuk kenegara islam.


Jenis - Jenis Rokok.
Rokok itu dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan bahan pembungkusnya, bahan baku atau isi rokok, Proses pembuatannya, dan Penggunaan Filter dalam rokok.
Rokok Berdasarkan Pembungkus :



  • Klobot : Rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung 
  • Kawung : Rokok yang bahan pembungkusnya daun aren.
  • Sigaret : Rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas 
  • Cerutu : Rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau
Rokok berdasarkan bahan baku atau isi.
  • Rokok Putih : rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
  • Rokok Kretek : rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
  • Rokok Klembak : rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
Rokok berdasarkan proses pembuatannya.
  • Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana.
  • Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Sederhananya, material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Mesin pembuat rokok, biasanya, dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres, satu pres berisi 10 pak. Sayangnya, belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. Pada SKM, lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar.
Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian :
  1. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Contoh: Gudang Garam International, Djarum Super dan lain-lain.
  2. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. Contoh: A Mild, Clas Mild, Star Mild, U Mild, L.A. Lights, Surya Slims dan lain-lain.
Rokok berdasarkan penggunaan filter.
  • Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
  • Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.

Nah, sekian penjelasanya, pada postingan berikunya saya akan menjabarkan kandungan dari rokok, bahaya dari kandungan tersebut, kemudian tips bagaimana untuk berhenti merokok. 



@diedith_arc

No comments:

Post a Comment