Saturday, April 14, 2012

5 Tips Nyari Ide Bikin Tugas Softskill

Buat kamu yang mahasiswa, khususnya mahasiswa gunadarma yang punya mata kuliah softskil, iya softskill gak perlu gw jelasin secara detail kan apa itu softskill? iya jangan paksa orang ya? Yup, softskill adalah mata kuliah pengembangan diri. biasanya dosennya cuma masuk 1 bulan sekali, tapi ngasih tugasnya rutin. tiap minggu kamu harus kasih tugas berupa tulisan, dan tulisan itu harus karya kamu sendiri dan ditulis di blog. nah, buat yang bingung mau nulis apa, udah gitu deadlinenya minggu ini adalah besok. jangan panik, nig gw kasih tips supaya kamu selalu punya ide buat nulis.

1. Baca Buku
kamu biasain deh banyak-banyak baca buku, biasanya orang yang sering baca atau hobi baca, wawasannya luas dan kosakata yang dimiliki sangat beragam, kalau punya banyak kosakata bukan hal yang suli buat "Ngarang". heheh

2. Meratiin hal-hal kecil
Bikin artikel softskill gak harus kamu tulis tetang kehidupan artis hollywood, atau ceritain gaji agen rahasia FBI. cukup yang simple aja tapi kaya akan informasi. kamu juga bisa nulis tentang rumput yang begoyang.

3. Pinter Nyari Lokasi
buat nulis artikel kamu harus dalam kondisi fresh, gak punya beban, gak ada yang lagi dipikirin, tapi bukan berarti gak punya pikiran ya... cari tempat dan suasana yang sekiranya bikin kamu enjoy. biasanya sih nyari tempat yang tenang dan penuh isprirasi. tapi kalo di tengah perang irak dimana kamu bisa sambil denger granat meledak dimana-mana ya itu sih terserah kamu. yang penting #enjoy.

4. Inspiration come, and fadding away.
Yak, kadang kadang inspirasi itu dateng gak diundang trus ngilang gitu aja kalo kamu gak buru-buru capture tuh inspirasi. jadi solusinya tiap kamu dapat ide, tulis dimanapun kamu bisa tulis, supaya giliran kamu cari ide, kamu tinggal kembangin yang udah kamu dapet.

5. Usahakan original.
Maksudnya bukan kamu gak boleh cari referensi dari orang lain, tapi jangan sampai kamu kirim artikel yang 100% sama dengan punya temen kamu. apalagi temen kamu satu kelas. yah bisa melanggar hak cipta deh kamu.

Nah, gampang kan. tinggal di praktekin deh. tapi kalo kamu punya tambahan tips kamu bisa komen dibawah ini. ^_^. selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment