Wednesday, May 2, 2012

Beberapa masalah penyebab Insomnia


Pernah mengalami insomnia? Gak tau insomnia itu apa? Oh… Dear!!! Insomnia itu bahasa Gaulnya oke kalo enggak ngerti bahasa gaul gue kasih tau bahasa kampungnya itu enggak bisa tidur atau susah tidur. Ya..mungkin kebanyakan manusia di dunia ini pernah mengalami ini. Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur. Buat yang  sering ngalamin gejala itu mungkin ini semua bisa menjawab segala pertanyaan mu nak!!!

1.       Depresi Atau Stress
Orang pada umumnya yang mengalami insomnia adalah orang-orang yang mengalami hari-hari yang berat. Sehingga mengalami depresi dan stress akut. Akut? Gak jadi, bukan.. bukan akut tapi stress ringan yang membuat orang akan mengalami insomnia  dalam jangka waktu yang berulang-ulang. Kondisi stress  dan depresi tadi memberikan tekanan psycologis terhadap manusia sehinggaa kantimbul pikiran-pikiran yang membuat manusia tersebut tidak dapat tenang / gelisah.

2.       Takut atau Phobia terhadap suatu Kondisi tertentu
Gangguan tidur lainnya adalah perasaan takut terhadap sesuatu, contohnya seperti Phobia gelap. Orang-orang yang memiliki phobia seperti ini akan mengalami tegang yang berlebihan. Iya tegang yang berlebihan sehingga membuat dirinya selalu dalam kondisi waspada dan siaga terhadap suatu yang mengancamnya. Rasa takut ini bisa disebabkan karena Trauma atau sipenderita pernah mengalami kejadian buruk tentang sesuatu yang menjadi phobianya.


3.       Terlalu banyak Mengkonsumsi Kafein, rokok.
Mungkin ada beberapa dari kalian yang mengkonsumsi kafein berlebih dan nikotin berlebih. Hal  tersebut bisa menjadi salah satu penyebab gangguan dalam tidur anda. Mulai dari sekarang hindari kafein terutama yang terdapat dalam minuman seperti kopi, soft drink dan lainnya. Mengurangi konsumsi nikotin ( rokok ) pada malam hari yang akan membua pernapasan anda terganggu saat tidur.

4.       Suasana lingkungan yang tidak mendukung
Makanya lain kali pikir-pikir dulu kalo mau bangun rumah. Jangan bangun rumah di perbatasan perang. Nah tiap malem jadi susah tidur kan? Iya, suasana lingkungan untuk tidur juga bisa berpengaruh untuk penderita insomnia. Lingkungan yang bising, mencekam dan membuat cemas membuat si penderita insomnia akan semakin susah untuk memejamkan mata untuk tidur. Oleh karena itu, pilihlah tempat-tempat yang membuat anda nyaman untuk beristirahat dan terlelap.


Sumber : @apiinky

No comments:

Post a Comment